Rayakan Lebaran dengan Saling Memaafkan Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi sumber: net

apahabar.com, JAKARTA – Merayakan lebaran denan saling bermaafan ternyata berdampak pada kesehatan.

Perlu diketahui, menolak memaafkan tak hanya berdampak pada hubungan antarinvidu, melainkan juga pada kesehatan. Dalam beberapa reverensi medis, menolak memaafkan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Mengutip Liputan6com, Jumat (14/5), Dr. Steven Standiford dari Cancer Treatment Centers of America mengatakan, menolak memaafkan orang lain bisa membuat sakit dan susah sembuh dari masalah kesehatan.

“Sangat penting untuk mengobati luka atau gangguan emosional karena mereka benar-benar bisa menghambat reaksi seseorang terhadap perawatan, bahkan ketika seseorang terus menerus melakukan pengobatan,” kata Standiford seperti dikutip dari The Science Times.

Manfaat Memaafkan

Memaafkan juga memiliki manfaat secara tidak langsung bagi kesehatan seseorang. Salah satunya adalah mencegah kanker.

Michael Barry, penulis buku The Forgiveness Project memperkirakan setidaknya, 61 persen pasien kanker memiliki masalah dalam pengampunan.

Barry mengatakan, membawa emosi negatif seperti rasa marah dan benci, menciptakan keadaan kecemasan kronis.

“Kecemasan kronis sangat diprediksi menghasilkan kelebihan adrenalin dan kortisol, yang menguras produksi sel-sel pembunuh alami, yang merupakan tentara dalam tubuh dalam melawan kanker,” Barry menambahkan.

Studi lain menemukan bahwa ketika emosi negatif meningkatkan respon stres dan produksi keringat, memaafkan menurunkan tekanan darah dan merelaksasi otot-otot wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *