Masjid Agung Al-Falah, Masjid Termegah di Tanah Bumbu Bergaya Arsitektur Timur Tengah

Masjid Agung Al Falah di Tanah Bumbu. Foto-apahabar.com/Syahriadi

apahabar.com, BATULICIN – Masjid Agung Al-Falah adalah sebuah masjid yang terletak di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Masjid Agung Al-Falah dibangun bulan April 2014 dengan mengadopsi gaya arsitektur Timur Tengah dengan menggabungkan beberapa unsur daerah Kalimantan Selatan di interiornya.

Masjid Agung Al-Falah merupakan masjid terbesar di Kabupaten Tanah Bumbu yang memiliki satu kubah dan dua menara yang didirikan sebuah perusahaan ternama yakni Jhonlin Group.

Masjid yang didirikan di atas tanah seluas 1,6 hektare di Jalan Kodeco KM 2,5 ini mampu menampung ribuan jemaah dengan kapasitas parkir untuk roda empat sekitar 100 unit, sementara untuk kendaraan roda dua 150 unit.

Kawasan parkir ditata secara terpisah antara motor dan mobil, agar memperlancar akses keluar masuk kendaraan.

Pada hari Jumat, 18 Maret 2016 lalu, Masjid Agung Al-Falah diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Dr H M Hatta Ali.

Peresmian diawali dengan sambutan dari Ketua Mahkamah Agung, kemudian penandatanganan prasasti yang juga dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, setelah itu pemotongan pita dilanjutkan dengan Salat Jum’at berjamaah bersama masyarakat Tanah Bumbu.

Keindahan arsitektur yang bergaya Timur Tengah ini, membuat Masjid Agung Al-Falah ramai dikunjungi jemaah.

Kemegahan dan pesona Masjid Agung Al-Falah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk melaksanakan ibadah seperti salat berjamaah.

Selain untuk beribadah masjid ini juga ramai dikunjungi karena keindahan arsitekturnya yang bergaya Timur Tengah, bahkan ada juga pengunjung yang datang hanya untuk sekadar berfoto.

Masyarakat tidak perlu jauh ke Arab, cukup di Batulicin sudah berdiri masjid megah nan indah menyerupai masjid-masjid yang ada di negara kaya minyak tersebut.

Untuk dinding dalam dan bagian luar menggunakan granit. Masjid ini dibangun dua lantai. Di antara pintu gerbang dengan pintu masuk ke dalam masjid terdapat ruang terbuka dengan lantai yang bersih dan rapi. Akses menuju ke pintu masjid dari tempat wudhu pria dan wanita juga terpisah, serta ada khusus untuk penyandang disabilitas.

Masjid ini juga punya kolam di samping kanan dan kiri dan terdengar suara air yang menyejukkan jiwa.

Masjid Agung Al-Falah ini terlihat keren karena bagian kubahnya akan terlihat menyala kuning keemasan. Hebatnya lagi, masjid ini dilengkapi dengan beberapa AC ukuran jumbo.

Dijamin bagi warga yang menjalankan ibadah salat di masjid ini tidak akan kepanasan.

Group External Relation Jhonlin Group, Andi Rudi, mengatakan bahwa pembangunan Masjid Agung Al-Falah ini merupakan salah satu bentuk nyata keterlibatan pihak swasta dalam pembangunan daerah.

Lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat di sekitar perusahaan.

Selain tempat sarana ibadah, keberadaan masjid ini diharapkan dapat bermanfaat serta membangkitkan semangat kebersamaan membangun ukhuwah islamiyah dalam menghadapi era globalisasi.

Reporter : Syahriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *