Lima Peristiwa Sejarah di 28 Ramadan, Salah Satunya Pernikahan Rasulullah dan Sayyidah Zainab

Ilustrasi sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Ada lima peristiwa sejarah di hari ke-28 Ramadan, salah satu di antaranya adalah pernikahan Rasulullah SAW dan Zainab bin Khuzaimah.

Hari bahagia bagi Rasulullah SAW itu terdapat dalam karya Dr. Abdurrahman Al Baghdadi yang berjudul “Peristiwa-Peristiwa di Bulan Ramadan”.
Berikut lima peristiwa sejarah di hari ke-28 Ramadan:

1. Diwajibkan Zakat Fitrah

Di antara peristiwa yang terjadi pada tanggal 28 Ramadhan tahun 2 H, bertepatan dengan tanggal 23 Maret tahun 624 M, adalah diwajibkannya zakat fitrah, yang merupakan salah satu syiar (simbol kemuliaan) bulan Ramadan.

Penulis kitab As-Sirah Al-Halabiyyah (2/364) berkata, “Kewajiban zakat fitrah disampaikan dua hari sebelum hari raya. Pada hari itu Rasulullah SAW berkhutbah untuk mengajarkan tata cara pelaksanaan zakat fitrah kepada masyarakat.

Beliau memerintahkan pembayaran zakat ini dilakukan sebelum keluar untuk salat ‘Id.

2. Rasulullah SAW Menikah dengan Sayyidah Zainab binti Khuzaimah

Pada tanggal 28 Ramadan (dan ada yang berpendapat: tanggal 5 Ramadan) tahun 4 H bertepatan dengan tahun 626 M, Rasulullah SAW menikah dengan Ummul Mukminin Sayyidah Zainab binti Khuzaimah bin Al-Harits, yang mendapat gelar Ummul Masakin’.

3. Bani Tsaqif Masuk Islam

Pada tanggal 28 Ramadhan tahun 9 H, bertepatan dengan 1 Januari 631 M, datang utusan dari Bani Tsaqif kepada Rasulullah SAW untuk menyatakan masuknya mereka ke dalam agama Islam.

4. Kemenangan Kaum Muslimin di Perang Sedonia

Pada tanggal 28 Ramadan tahun 92 H, bertepatan dengan tanggal 18 Juli 711 M, terjadi perang Sedonia atau perang Guadalete antara pasukan Muslim di bawah komando Thariq bin Ziyad dan pasukan Visigoth di bahwa komarndo Roderic.

Di dalam pertempuran ini kemenarngan berpihak kepada pasukan kaum Muslimin.

Kemenangan ini memberi kesempatan kepada Islam untuk masuk ke Spanyol dan negara Islam tegak di sana selama 8 abad.

5. Muhammad Ali Jinah Berkuasa di Pakistan

Pada tanggal 28 Ramadan tahun 1369 H, bertepatan dengan 15 Agustus 1947 M, Muhammad Ali Jinah berkuasa di Pakistan setelah memisahkan diri dari India.

Penulis Triaji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *