Tetap Sehat Saat Ramadan, Yuk Ikuti Pola Makan Ini

Ilustrasi. Pola makan sehat saat Ramadan. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Ramadan adalah bulan ibadah, menahan lapar dan dahaga di siang hari dan salat sunat di malam hari. Namun di tengah kesibukan ibadah tersebut, anda tentu harus tetap sehat.

Nah, berikut panduan berpuasa agar tetap sehat saat Ramadan. Dilansir dari Republika yang mengutip Khaleej Times, Sabtu (10/4). Saat berbuka puasa, konsumsilah dua atau tiga buah kurma dan dua gelas air.

Kemudian dapat melanjutkannya dengan semangkuk buah-buahan untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, dan akan menjadi asupan serat yang baik. Setelah itu istirahatkan selama 15-20 menit, lalu dapat disambung dengan menikmati semangkuk sup atau salad hijau untuk membuat rasa kenyang.

Dua jam kemudian, dapat ditambah dengan memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Misalnya, protein tanpa lemak, ayam tanpa lemak, telur, lentil, dan lainnya.

Disarankan juga makan setidaknya dua atau tiga porsi sayuran selama buka puasa. Serta menambahkan lemak tak jenuh, seperti alpukat, ikan, dan kenari dalam makanan.

Hindari konsumsi garam secara berlebihan. Ingat, buka puasa harus menjadi makanan yang seimbang dan bukan pesta yang memanjakan. Konsumsi makanan pedas, tinggi lemak secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, keasaman, dan penambahan berat badan.

Di antara waktu berbuka puasa dan sahur, konsumsi makanan berserat tinggi dan padat kalori. Hindari makanan olahan karena dapat menyebabkan kembung dan retensi air.

Bisa juga makan kacang-kacangan, yoghurt, laban, buah-buahan dan smoothie. Usahakan tetap terhidrasi dengan baik dan minum setidaknya 2,5 liter air selama waktu makan.

Saat sahur, jangan lupa makan dan minum dua gelas air. Hindari kafein berlebih karena bersifat diuretik dan akan menyebabkan kehilangan air dari tubuh.

Minumlah secangkir teh atau kopi jika sangat menginginkannya. Jika tidak, minumlah secangkir teh hijau.

Sahur harus diisi dengan tinggi serat dan harus menyediakan 25 persen nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini bisa dicapai dengan memiliki kombinasi karbohidrat kompleks, protein, dan serat.

Itu akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan membantu tetap fokus. Misalnya, oatmeal, telur dadar dengan sayuran dan seiris roti panggang multigrain, sandwich, bungkus atau manakeesh dengan sayuran hijau, lemak tradisional Arab, buncis dengan guacamole, semuanya adalah pilihan yang bagus. Pastikan untuk memasukkan satu buah utuh yang kaya serat, seperti apel, pir, melon, jeruk atau pepaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *