Sepuluh Peristiwa Sejarah di 17 Ramadan, Satu di Antaranya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Ilustrasi Sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Dari berbagai peristiwa bersejarah yang terjadi di 17 Ramadan, ada 10 peristiwa besar yang dipilih apahabar.com. Salah satunya adalah peristiwa besar bagi Indonesia, yakni Proklamasi Kemerdekaan negeri ini.

Seperti dikutip apahabar.com dari buku karya Dr. Abdurrahman Al Baghdady berjudul “Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadan berikut”:

1. Permulaan Turunnya Alquran Al-Karim

Peristiwa yang paling bersejarah pada 17 Ramadan adalah mulai diturunkannya Al-Quran Al-Karim.

Dalam kitab “Ath-Thabari (1/628)” turunnya Alquran pada tanggal 17 Ramadan merupakan pendapat pertama dari tiga pendapat yang ada.

Pendapat kedua: Alquran diturunkan pada tanggal 18 Ramadan. Akan tetapi pendapat yang paling masyhur dan paling kuat adalah Alquran turun pada malam Senin tanggal 24 Ramadan.

2. Diwajibkan Salat Lima Waktu

Perintah diwajibkannya Salat Lima Waktu diturunkan pada hari ke-17 Ramadan berdasarkan pendapat Isra’ Mi’raj terjadi pada hari tersebut, namun itu hanya salah satu di antara beberapa pendapat yang ada.

Dalam kitab “Al-Bahr Ar-Raiq ‘An Syarh An-Niqayah (1/275),” salah satu kitab fikih Hanafi, kitab induk dalam mazhab ini mengungkapkan: “Perintah kewajiban salat lima waktu disampaikan pada malam Mi’raj, yakni malam Sabtu tanggal 17 Ramadan, lebih kurang 18 bulan sebelum Hijrah.”

3. Perang Badar Kubra

Di antara peristiwa hari ke-17 bulan Ramadan dan hampir-hampir disepakati oleh para sejarahwan dan pemerhati sirah adalah perang Badar Kubra antara kaum Muslimin di bawah komando Rasulullah SAW dan kaum Musyrikin Makkah dibawah komando Abu Jahal bin Hisyam.

Terjadi pada tahun kedua Hijrah, bertepatan dengan tanggal 13 Maret 623 M.

4. Meninggalnya Sayyidah Ruqayyah RA

Pada tanggal 17 Ramadan tahun 2 H bertepatan dengan 13 Maret 623 M adalah Sayyidah Ruqayyah binti Nabi SAW meninggal dunia.

5. Syahidnya Amirul Mukminin Ali bin Abu Thalib RA

Di antara peristiwa hari ke-17 bulan Ramadan tahun 40 H, bertepatan dengan tanggal 24 Januari 660 M, dinyatakan mayoritas sejarawan tentang tindak kriminal pembunuhan Amirul Mukminim Ali RA, menantu Rasulullah SAW, suami Fatimah Az-Zahra.

Pembunuhan Amirul Mukminin ini dilakukan oleh seorang Khawarij yang mengaku-ngaku Islam, Abdurrahman bin Muljam Al-Humairi.

6. Kematian Ash-Shddiqah Aisyah binti Abu Bakar, Ummul Mukminin

Di antara peristiwa hari ke-17 bulan Ramadan adalah meninggalnya sayyidah agung penuh keutamaan, dan memilik posisi istimewa di dalam sirah nabawiyyah dan hati kaum mukminin, yaitu Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah binti Abu Bakar, Ash-Shiddiqah bin Ash-Shiddiq.

Dalam riwayat dari Ibnu Katsir bahwa Aisyah binti Abu Bakar meninggal pada tahun 58 H.

7. Meninggalnya Khalifah Bani Umayyah: Sulaiman bin Abdul Malik

Di antara mereka yang meninggal pada tanggal 17 Ramadan adalah Khalifah Bani Umayyah, Sulaiman bin Abdul Malik ibnu Marwan.

Dalam kitab “Al-Bidayah wa An-Nahiyah, (9/177)” meninggal pada hari Jumat tanggal 17 Ramadan tahun 99 H, ketika itu usianya 39 tahun.

8. Kelahiran Ali bin Abdullah bin Abbas As-Sajjad

Terjadi pada tanggal 17 Ramadan yakni lahirnya Ali bin Abdullah bin Abbas, yang mendapat julukan As-Sajjad
Dalam sebuah riwayat Ibnu Khillikan bahwa ia lahir pada malam terbunuhnya Ali bin Abu Thalib RA, As-Sajjad adalah orang Quraisy paling tampan di muka bumi, karena ketaatannya menunaikan salat ia dijuluk As-Sajjad (yang banyak sujud).

9. Kemenangan Atas Bizantium Pada Peperangan ‘Amuriyyah

Tepat pada tanggal 17 Ramadan tahun 223 H kota Amuriyyah menyerah ke pangkuan umat Islam.

10.Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Momentum proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi di hari ke-17 Ramadan 1362 H tepatnya pada tanggal 17 Agutus 1945.

Proklamasi dilakukan di kediaman Soekarno di jalan Proklamasi No 56 Jakarta pada Jumat 17 Agustus 1945 pukul 10.00.

Tempat tersebut di kemudian dijadikan Gedung Pegangsaan Timur.

Penulis: Triaji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *