Pesantren Ramadan Sabilal Muhtadin Banjarmasin Resmi Digelar

Pesantren Ramadan Sabilal Muhtadin Banjarmasin Resmi Digelar

April 17, 2021 0 By Zainal

apahabar.com, BANJARMASIN – Angkatan Muda Sabilal Muhtadin (AMSM) Banjarmasin kembali menggelar kegiatan pesantren pada Ramadan 1442 H.

Antusias peserta cukup tinggi. Sebanyak 130 peserta akan menjalani aktivitas keislaman selama dua pekan ke depan.

“Tentu saja ini sangat baik untuk membentuk remaja yang punya karakter keislaman yang kuat,” ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Hermansyah, kepada apahabar.com usai membuka kegiatan Pesram AMSM secara resmi, Sabtu (17/4) siang.

Diharapkan para santri dan santriwati yang akan memperdalam agama Islam selama bulan suci ini, juga mampu menjawab tantangan zaman dan globalisasi di era ini.

Hermansyah juga mengapresiasi panitia pelaksana yang mampu menyelenggarakan kegiatan dengan penerapan protokol kesehatan.

“Di tengah pandemi Covid-19, ini sudah cukup bagus. Memenuhi protokol kesehatan. Kami bangga AMSM bisa melaksanakan kegiatan yang baik dan bermanfaat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

Pemprov Kalsel sambung dia juga memberikan dukungan penuh pada kegiatan kepemudaan.

Termasuk aktivitas keagamaan pada remaja mesjid seperti pesantren Ramadan.

“Pemda dalam hal ini Dispora siap berkolaborasi dan bersinergi memberikan bantuan untuk kegiatan kepemudaan dan remaja. Tentu yang sifatnya bermanfaat agar mereka lebih berinovasi,” pungkasnya.

Selain memperdalam agama Islam, kegiatan pesantren Ramadan AMSM juga menargetkan untuk khatam Alquran bersamaan, pada kurun waktu 15 hari ini.

“Dimulai dari besok. Kegiatannya Salat Dhuha berjamaah, membaca aqidatul awam dan asmaul husna. Lalu materi seperti fiqih, seputar angkatan muda, tajwid hingga sejarah Islam. Selanjutnya salah zuhur berjamaah, mendengarkan kultum dan tadarus alquran,” jelas Ketua Pelaksana Pesram AMSM Banjarmasin, Prayoga Arya.

Dari ratusan peserta tadi, akan dibagi menjadi lima kelompok yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.
Aktivitas belajar akan dilakukan di area terbuka sekitar Masjid Raya Sabilal Muhtadin dengan penerapan protokol kesehatan, mulai dari pukul 09.00 hingga 14.30 WITA.

Kegiatan keagamaan ini juga mendapat dukungan penuh dari Kepala Badan Pengurus Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Darul Quthni.

Dia berharap, melalui Pesram ini akan melahirkan generasi penerus untuk syiar agama di Banjarmasin, khususnya bagi Masjid Raya sendiri.

“Kita mengharapkan adanya generasi, mewariskan sebuah syiar agama. Mudah-mudahan mereka bisa mengemban itu,” katanya diwawancara terpisah.

Adapun, Masjid Sabilal Muhtadin sendiri memiliki beberapa visi misi, di antaranya gerakan memakmurkan masjid.

Selain masyarakat secara umum, diharapkan program ini juga didukung oleh para generasi muda.

“Lalu kita ingin memberi tahu mereka bahwa visi misi masjid ini adalah mengemban penguatan terhadap nilai-nilai kebangsaan,” timpalnya.

Adapun, tema yang diangkat pada kegiatan tahun ini adalah membentuk generasi Islam yang berakhlakul karimah di era pandemi.

Kepala Badan Pengurus Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Darul Quthni. Foto-apahabar.com/Musnita Sari.

Penulis: Musnita Sari