Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan pada Selasa 13 April

ilustrasi. Hilal. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1442 H pada Selasa 13 April 2021. Penetapan tersebut disampaikan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas pada sidang isbat yang juga dihadiri beberapa organisasi Islam dan Ahli Astronomi.

Sidang isbat digelar di Kantor Kementrian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Sidang digelar secara terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Tamu undangan seperti perwakilan ormas mengikuti sidang secara daring.

“Sidang isbat secara bulat menyatakan 1 Ramadan 1442 H jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021,” kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas seperti dilansir detikcom, Senin (12/4).

Rangkaian sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 H oleh anggota Falakiyah Kemenag (nama perwakilan falakiyah). Tim Flakiyah Kemenag diketahui melakukan pemantauan hilal di (total titik pengamatan) di seluruh Indonesia.

Penetapan awal bulan hijriah didasarkan pada hisab dan rukyat. Proses hisab sudah ada dan dilakukan oleh hampir semua ormas Islam.

Sidang isbat dimulai dengan agenda penjelasan mengenai posisi hilal oleh Lembaga Falakiyah Kemenag. Direktur Urusan Agama Islam Kemenag Agus Salim sebelumnya mengatakan pihaknya menurunkan beberapa pemantau hilal di 86 lokasi yang tersebar di 34 provinsi.

Pemantau hilal itu berasal dari petugas Kanwil Kemenag dari beberapa Kabupaten/kota beserta ormas Islam lainnya. Laporan mengenai hilal awal Ramadhan 1442 H disampaikan anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya.

Sidang Isbat digelar secara tertutup. Tamu undangan mendengarkan laporan dari tim rukyat.

Ormas Islam dan tamu undangan berdiskusi bersama Kemenag untuk menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah. Kemudian diputuskan melalui sidang isbat bahwa awal puasa Ramadhan 144 H jatuh pada 13 April 2021.

Mengutip Tribunnews, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) beberapa saat lalu juga telah memutuskan awal puasa, tanggal 1 Ramadan 1442 Hijriah/2021 Masehi jatuh pada, Selasa besok (13/4/2021).

Keputusan itu disampaikan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Senin (12/4/2021).

“Dengan ini PBNU mengikhbarkan atau memberitahukan bahwa awal bulan Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 13 April 2021,” ujar Said Aqil dalam keterangan yang diterima Redaksi.

Menurutnya, keputusan awal puasa Ramadhan 2021 pada esok Selasa ini berdasarkan hasil rukyatul hilal yang dilakukan di beberapa lokasi rukyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *