Mengenang KH Muhammad Nur Takisung (3), Mengetahui Waktu Kewafatan

KH Muhammad Nur Takisung. Foto-Net

apahabar.com, PELAIHARI – KH Muhammad Nur menurut penuturan salah seorang muridnya telah mengetahui kapan dirinya akan meninggal dunia. Bahkan, dia telah membersihkan sendiri tanah yang akan dijadikan makam tersebut.

Diceritakan putra KH Muhammad Nur, H Abu Hamim, ada seorang murid ayahnya bernama KH Anang Sya’rani Abbas.

Dia merupakan ulama yang beralamat di Tanjung Rema, Gang Baru, Kecamatan Martapura.

Menurut KH Anang Sya’rani sewaktu masih hidup, lanjut H Abu Hamim, Guru Muhammad Nur telah mengetahui ajalnya akan tiba sebelum waktunya. Baik hari, tanggal, bahkan waktu tepatnya akan wafat.

“Beberapa hari sebelum wafat, Guru Muhammad Nur sudah membersihkan halaman rumahnya, kemudian memberikan tanda atau ciri lokasi kubur tempat dia harus dimakamkan. Saat itu, dia memberikan ciri, bahwa harus dikubur di antara dua pohon yang terdapat di halaman rumahnya,” ujar Guru Anang Sya’rani kala itu.

Setelah memberitahukan lokasi atau tempat kuburnya, Guru Muhammad Nur juga memberikan isyarat dan memintanya datang ke Takisung pada hari, tanggal, dan jam yang ditentukan.

“Nah, pada waktu yang diberitahukan itulah, beliau wafat. Bahkan tidak meleset sedikitpun waktunya dari waktu yang beliau sebutkan sebelumnya,” kenang Guru Anang Sya’rani.

Penulis: Ali Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *