Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Air Mineral di Malam Ramadan

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Kebutuhan cairan untuk tubuh sangat diperlukan saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi air mineral maka cairan dalam tubuh kita akan terpenuhi.

Mengutip alodokter.com, asupan air minum yang dianjurkan selama berpuasa dengan hari-hari biasanya, yaitu sebanyak 2 liter atau sekita 8 gelas per hari.

2 liter dalam sehari mungkin akan sedikit berat, namun hal tersebut bisa diupayakan dengan membagi 2-4-2 untuk memudahkan mengingat jadwal minum air. Caranya seperti berikut:

1. Saat Maghrib, minum 1 gelas air saat berbuka puasa dan 1 gelas air setelah salat.
2. Pada saat salat tarawih hingga menjelang tidur, minum sebanyak 4 gelas air.
3. Saat sahur, minum 1 gelas air sebelum makan dan 1 gelas air setelah selesai makan.

Adapula 4 manfaat yang di dapat jika mengkonsumsi air mineral, yakni:

1. Membuat tubuh tetap berenergi

Dihidrasi atau kekuarangan cairan saat berpuasa berdampak kepada otot menjadi lemah. Akibatnya tubuh akan terasa lemas, mudah lelah, dan tidak berenergi.

Dengan Air Mineral yang mengandung kalium berperan penting untuk mengaktifkan sistem saraf dan otot.

2. Menjaga metabolisme tubuh

Mengkonsumsi air mineral yang cukup saat berpuas membuat metabolisme tubuh anda dapat lebih terjaga.

Kandunga magnesium, mangan dan chromium di dalam air mineral juga dapat mengoptimalkan metabolisme nutrisi yang didapatkan dari makanan saat sahur atau berbuka.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup dapat membuat kesehatan saluran pencernaan tetap terjaga, apalagi saat berpuasa, yang mana keluhan sembelit dan sakit maag lebih sering muncul.

Kandungan chloride yang terdapat dalam air juga dapat melancarkan kerja usus besar sehingga buang air besar tetap lancar selama berpuasa, akan tetapi hal itu harus diimbangi dengan asupan cukup, yaitu dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

4. Memilihara kesehatan kulit

Kulit yang kering ternyata salah satu gejala dehidrasi. Begitulah sebabnya, dengan mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas per hari merupakan salah satu perawatan kulit yang perlu dilakukan secara rutin, khususnya selama bulan puasa.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air mineral selama berpuasa membawa banyak manfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Hal itu juga diamalkan baginda Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang tertera dalam hadist:

Dari Anas bin Malik RA berkata,”Nabi SAW biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum salat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukkan air.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Begitulah manfaat-manfaat yang didapatkan jika mengkonsumsi air mineral saat berpuasa.

Penulis: Triaji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *