Intip Persiapan Rasulullah dan Para Sahabat Menjelang Ramadan

Intip Persiapan Rasulullah dan Para Sahabat Menjelang Ramadan

April 9, 2021 0 By bulkini

apahabar.com, BANJARMASIN –Rasulullah SAW dan para sahabat telah menyiapkan diri akan datangnya bulan suci Ramadan. Bahkan, persiapan tersebut sudah dilakukan sejak jauh hari.

Mengutip Republika pada Selasa (6/4/2021), menjelang datangnya Ramadan, Rasulullah menyemarakkan puasa sunah. Sebagaimana diriwayatkan Usamah bin Zaid, dikatakan, “Rasulullah SAW melakukan puasa sepanjang bulan Sya’ban atau melakukan puasa pada bulan itu kecuali beberapa hari saja beliau tidak melakukannya” (HR. Bukhari-Muslim).

Dalam riwayat lain, Rasulullah dan para sahabatnya telah mempersiapkan diri menyambut Ramadan sejak bulan Rajab. Baik persiapan fisik dengan memelihara kesehatan, maupun persiapan rohani, yakni dengan meningkatkan ibadah-ibadah sunah sebelum masuk Ramadan.

Persiapan dari bulan Rajab ini diperkuat dengan adanya munajat Rasulullah SAW yang kemudian menjadi doa kaum muslimin hingga sekarang, “Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku pada bulan Rajab dan Sya’ban dan panjangkanlah usiaku agar aku sampai ke bulan Ramadan”.

Sementara itu, para ahli sejarah menyebutkan, persiapan salafus sholihin sejak lima bulan setengah, sebelum datangnya Ramadan. Dan di lima bulan setengah setelah Ramadan, mereka berharap kembali bertemu dengan bulan suci tersebut sembari mengharapkan amal ibadahnya di bulan itu diterima Allah SWT.

sumber: Newswire
Editor: Muhammad Bulkini