Inilah 6 Peristiwa Bersejarah di Hari Kelima Ramadan, Salah Satunya Gempa Bumi di Qazwin

Inilah 6 Peristiwa Bersejarah di Hari Kelima Ramadan, Salah Satunya Gempa Bumi di Qazwin

April 17, 2021 0 By bulkini

apahabar.com, BANJARMASIN – Peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di hari kelima Ramadan, di antaranya gempa di Qazwin, Iran.

Dikutip apahabar.com dari buku karya Dr. Abdurrahman Al Baghdadi berjudul “Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan”, ada 6 peristiwa yang terjadi di hari kelima Ramadan:

1. Dicatatnya Nama-Nama Jemaah Haji

Peristiwa ini disampaikan Al-Fakhi dalam kitabnya, Akhbar Makkah (1/339). Al Fakhi berkata, “Abdullah bin Imran telah memberitahukan kepada kami, ia berkata, “Sa’id bin Salim telah memberitahukan kepada kami, dari Utsman bin Saj, ia berkata, ‘Terdengar olehku -Wallahu a’lam- bahwa jamaah haji dicatat pada tanggal 5 Ramadan (artinya, di Malail A’la (di langit tertinggi)) dicatat nama-nama calon haji yang akan melaksanakan ibadah haji pada musim haji tahun itu. Barang siapa namanya tercatat maka ia akan menjumpai musim haji tersebut, Insya Allah’.”

2. Melanjutkan Penaklukan Islam ke Wilayah Spanyol

Peristiwa ini terjadi di hari kelima Ramadan tepatnya pada 92 H.

Panglima pasukan Arab Muslim di Afrika, yakni Musa bin Nushair memimpin pasukan sebanyak 18.000 menyeberani laut menuju Spanyol. Tujuan mereka dalam upaya melanjutkan ekspansi (memperluas) Islam ke wilayah Spanyol.

3. Gempa Bumi di Qazwin

Termasuk dalam tragedi yang kelabu, kajadian ini diterangkan dalam Kitab At-Tadwin Di Akhbar.

Qazwin disebutkan bahwa pernah mengalami gempa bumi besar pada malam hari kelima bulan Ramadan tepatnya pada 513 H.
Alhasil membuat banyak bangunan runtuh salah satunya Masjid Jami’ Abu Hanifah, ruang duduknya terbuka porak poranda, kubahnya pecah dan harus direnovasi.

4. Wafatnya Imam Abdullah Al-Maqdisi

Al-Maqdisi rahimakumullah wafat pada Jumat 5 Ramadan tahun 629 H dan dimakamkan di lereng Safah.

5. Merebut Kembali Kota Antiokhia

Peristiwa ini terjadi pada 5 Ramadan 666 H, bertepatan dengan tanggal 19 Mei 1268 M.
Kaum muslimin di bawah komando Bibars berhasil merebut kembali Antiokhia dari tangan kaum Salibis, setelah sebelumnya tertawan mereka selama 170 tahun.

6. Pembantaian Zionisme di Kota Lidd

Terjadi pada 5 Ramadan 1367 H bertepatan dengan 11 Juli 1948 M, satuan komando Zionis di bawah komando Moshe Dayan melakukan aksi pembantaian di Kota Lidd, Palestina.

Penulis: Triaji