5 Menu Andalan Saat Berbuka Puasa, Dari Sop Ayam Sampai Sayur Asem

Ilustrasi menu andalan berbuka puasa, sayur sop. Foto-Cookpad Saomi Mayhai

apahabar.com, BANJARMASIN – Waktu berbuka menjadi momen yang paling dinanti saat menjalani ibadah puasa. Di pekan pertama, masyarakat biasanya masih semangat untuk memasak menu sendiri tanpa membeli masakan siap saji di luaran.

Ada beberapa sajian khas nusantara yang menjadi menu andalan umat muslim di Indonesia saat berbuka. Mulai dari makanan berat hingga takjil sebagai camilan pembuka puasa.

Ini dia 7 menu andalan yang bisa jadi rekomendasi kamu saat berbuka puasa.

1. Sop Ayam

Ramadan hari pertama, tak jarang banyak yang kalap untuk memilih takjil saat berbuka puasa. Dimulai dengan camilan manis, selanjutnya akan disambung dengan masakan berat sebagai menu utama.

Sop Ayam sangat cocok untuk menetralisir rasa manis yang berlebih dari takjil pembuka. Rasa gurih dari kuah kaldu ayam dipadu dengan segarnya sayur-sayuran yang melengkapi nikmatnya masakan yang satu ini.

apahabar.com memilih Sop Ayam sebagai rekomendasi pertama sebab pengolahan menu ini cukup mudah. Resepnya sederhana, kamu hanya perlu siapkan bahan utama yaitu ayam yang direbus. Kemudian sayuran sebagai pelengkap seperti wortel, kentang, kol putih, daun bawang, seledri dan lainnya.

Kalau kamu mengolahnya dalam porsi besar, menu Sop Ayam juga bisa dihangatkan kembali untuk menu sahur keesokan harinya, loh.

2. Sayur Asem

Menu Andalan
Sayur Sop. Foto-Cookpad Saomi Mayhai

Meski rasanya asam, tapi sayur ini terasa segar di mulut ketika dimakan bersama nasi hangat dan lauk kesukaanmu. Biasanya, Sayur Asem disajikan dengan sambal ulekan, tahu atau tempe goreng.

Sayur Asem berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat, serta asam Jawa. Biasanya setiap daerah punya tambahan lain seperti ikan atau daging.

Nutrisi yang lengkap dari sayur-sayuran dapat mengembalikan tenaga yang terbuang setelah seharian beraktivitas.

3. Udang Asam Manis

Menu Andalan
Udang Asam Manis Foto-Cookpad Heny Widy

Seperti namanya, hidangan yang satu ini menonjolkan dua rasa yaitu asam dan manis. Asam didapat dari tomat, sementara rasa manis dari daging udangnya.

Udang asam manis mungkin menu yang paling direkomendasikan oleh pecinta seafood.

Bayangkan saat berbuka puasa, cukup dihidangkan bersama nasi putih hangat dan taburan bawang goreng. Tentunya menu ini sangat menggugah selera makanmu, kan?

4. Ikan Tongkol Balado

Menu Andalan
Ikan Tongkol Balado Foto-Cookpad Iffah Foodies

Jangan lewatkan menu berbuka kamu dengan berbagai olahan ikan, mulai dari yang digoreng, dibakar, direbus hingga dikukus.

Dari beragam resep, apahabar.com merekomendasikan menu Ikan Tongkol Balado. Di pasar tradisional, jenis ikan ini cukup mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Tapi mengolah ikan juga harus teliti, kalau keliru yang akan kamu dapat adalah rasa amisnya. Nah, menu balado terkenal akan rasa bumbunya yang kuat.
Masakan yang identik dengan warna merah ini juga akan menambah selera makan kamu yang doyan rasa pedas.

5. Omelet Sayur

Menu Andalan
Omelet Sayur .Foto- Cookpad Cindy Nattalie

Telur adalah salah satu bahan yang paling mudah untuk dikreasikan.

Omelet atau telur dadar, bisa jadi pilihan praktis sebagai sajian menu berbuka kamu di rumah.

Untuk menu yang satu ini, kamu bisa campurkan dengan berbagai topping lain seperti potongan sayur, parutan kentang, lembaran keju, hingga rebusan mie.
Kunci kenikmatannya ada pada rasa. Jadi jangan lupa racikan bumbu spesial ala kamu ya.

Penulis : Musnita Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *