11 Peristiwa Sejarah di Keduabelas Ramadan, Masjid Nabawi Terbakar Lagi

Masjid Nabawi sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Terdapat 11 peristiwa sejarah yang terjadi di hari kedua belas Ramadan, di antaranya terbakarnya Masjid Nabawi untuk kedua kalinya.

Mengutip karya Dr. Abdurrahman Al Baghdady “Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadan pada Sabtu (24/4).

Berikut 11 peristiwa yang terjadi di hari kedua belas Ramadan:

1. Mempersaudarakan Kaum Muhajirin dan Kaum Anshar

Dalam kitab As Sirah Al-Habiyyah 2/29:

Rasulullah SAW Berkat hikmahnya -dan berdasarkan perintah Allah kepada beliau- berkeinginan untuk menghimpun kesatuan kaum Muslimin Muhajirin dan Kaum Muslimin penduduk Madinah, maka beliau menetapkan persaudaraan di antara kedua golongan ini.

Beberapa riwayat mengisahkan, beliau mempersaudarakan antara kaum kedua golongan sedangkan masjid tengah dibangun. Sumber-sumber lain menyebutkan bahwa beliau mempersaudarakan keduannya setelah masjid dibangun.

Dari sebagian penulis berpendapat peristiwa ini terjadi pada hari ke-12 Ramadan tahun pertama hijrah.

Namun yang disepakati oleh para ulama, dalam masalah ini adalah bahwa peristiwa itu terjadi sebelum perang Badar.

2. Penaklukan Pulau Cyprus

Peristiwa ini terjadi pada hari kedua belas Ramadan tahun 829 M, yang mana Pulau Cyprus ditaklukan untuk kedua kalinya saat masa pemerintahan Raja Asyraf.

Memang dalam kurun waktu yang panjang Cyprus menjadi medan pertarungan antara kaum Muslimin dan bangsa Eropa.

Sebagaimana yang dideskripsikan dalam kitab “An-Nujum Az-Zaahirah, 14/294” pulau Cyprus yang dalam bahasa romawi disebut Syibra, di dalamnya ada 12.000 desa, besar maupun keci.

Di kota-kota dan desanya banyak terdapat gereja, kuil, klenteng, dan biara. Di sana juga ada banyak kebun dengan terdapat tanaman beraroma harum; seperti bunga tulip, melati, mawar, lili, narcissus, mawar putih, daisy, anemone dan lain sebagainya.

Di kota-kotanya ada pasar, pertokoan, kamar mandi umum dan bangunan-bangunan besar.

3. Serangan Romawi ke Kota Dimyath Mesir

Peristiwa yang terjadi di hari kedua belas Ramadan pada tahun 238 H , pasukan Romawi di komando Theodore IV, seorang raja Eropa, mengejutkan warga kota Dimyath di Mesir dengan serangan tak terkirakan.

Serangan ini terjadi pada masa khilafah Mutawakkil ‘ Alallah, di mana Mesir adalah salah satu wilayah Islam yang mengikuti sistem khilafah.

4. Pembangunan Masjid Jami’ Ibnu Tholon di Kairo

Terjadi pada tanggal 12 ramadan 265 H yang bertepatan dengan 7 Mei 879 M Masjid Jami’ Tholon didirikan di Khoiro.

5. Meninggalnya Sang Pemberi Nasehat dan Muhaddits: Imam Ibnu Jauzi

Dalam kitab “Waffiyat Al-A’yam 3/141”, di antara peristiwa yang terjadi di hari keduabelas Ramadan tahun 597 H adalah meninggalnya Abu Faraj Abdurrahman bin Ali bin Muhammad Al-Quraisy Al-Baghdadi Al-Faqih Al-Muhaddits Al-Mufassir Al-Wa’izh Al-hanbali, yang dikenal dengan Ibnul Jauzi.

Seorang ulama besar dalam bidang hadits dan penyusun nasehat yang mengesankan.

6. Dilengserkannya Haji bin Muhammad bin Qalawun (Raja Al Muzhaffar)

Peristiwa ini terjadi di hari ke-12 ramadan tahun 784 H, yakni dilengserkannya Haji bin Muhammad ibnu Qalawun, yang bergelar raja Al-Muzhaffar Saifuddin ibnu Nashir ibnu Manshur.

Seorang raja yang keji, ia disembelih pada Ahad 12 Ramadan 784 H di pemakaman Aqin Sanqar, Kairo, bertempat di kaki gunung.

7. Meninggalnya Ahli Nahwu, Ibnu Malik Penyusun Alfiyyah

Di antara mereka yang meninggal pada hari ke-12 Ramadan ialah Ibnu Malik, penyusun Alfiyyah yang dikenal bersanding dengan namanya (Alfiyyah Ibnu Malik).

Dengan nama lengkap Syekh Jamaluddin Muhammad bin Abdullah bin Malik Abu Abdullah Ath-Thai Al-Hayyati An-Nahwi, menyusun banyak kitab termahsyur dan bermanfaat, di antaranya Al-Kafiyah, Asy Syafiyah Wa Syarhuha, At-Tashil Wa Syarhuha. Al-Fiyyah yang di syarahkan dengan baik oleh putranya, Badruddin.

8. Zabur Turun kepada Nabi Daud AS

Salah satu peristiwa yang dinukil oleh Ibnu Katsir di dalam kitab “Al-Bidayah An-Nihayah (2/78)” Zabur turun kepada Nabi Daud AS pada malam kedua belas Ramadan, yakni 482 H setelah Taurat turun.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-quran surah Al-Anbiyaa (21) 105 :

“Dan sungguh, telah Kami tulis di dalam Zabur setelah (tertulis) di dalam Az-Zikr (Lauh Mahfuz), bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang saleh.”

9. Kelahiran Rasulullaha SAW (Menurut Satu Pendapat)

Ada perbedaan pendapat mengenai kelahiran Nabi Muhammad SAW di antar pendapat yang ada bahwa Rasulullah SAW lahir pada bulan Ramadan tanggal 12. (Wasilah Al-Islam, 1/44; Al-Khashaish Al Kubra, 1/86).

10. Terbakarnya Masjid Nabawi untuk Kedua Kalinya

Peristiwa kelam dirasakan penduduk Madinah, yang terjadi di hari keduabelas Ramadan tahun 886 H, tepatnya tanggal 5 November 1481 H.

Untuk kedua kalinya Masjid Nabawi yang mulia terbakar.

11. Pasukan Thailand Menyerang Kaum Muslimin

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 12 Ramadan 1425 H, tepatnya 26 Oktober 2004 M, 87 orang muslim dunia di tangan pasukan keamanan Thailand saat momentum demonstrasi yang dilakukan oleh demonstran muslim.

Peristiwa itu tepatnya terjadi di Narattiwat, provinsi dengan penduduk mayoritas muslim. Mereka menuntut pembebasan para tawanan muslim.

Penulis: Triaji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *