11 Peristiwa Sejarah di 15 Ramadan, Salah Satunya Pembantaian di Tanah Haram Ibrahimi

Ilustrasi Sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Masuk kelima belas Ramadan, inilah peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di hari ini, salah satunya Aksi Penyembelihan di Tanah Haram Ibrahimi.

Dikutip dari “Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan” karya Dr. Abdurrahman Al Baghdady, terdapat 6 peristiwa sejarah di hari kelima belas Ramadan:

1. Kelahiran Hasan bin Ali bin Abu Thalib RA

Terjadi di tanggal 15 Ramadan adalah kelahiran anak dari orang yang dicintai oleh Rasulullah SAW, yakni cucu Nabi Muhammad SAW, putra dari putrinya Fathimah Al-Batul Az-Zahra.

Dalam kitab “Ath Thabari (2/76)” disebutkan nama anaknya adalah Hasan bin Ali bin Abu Thalib yang lahir di pertengahan Ramadan tepatnya tanggal 1 Maret 625 M.

2. Khalid bin Walid Diutus ke ‘Uzza

Peristiwa ini terjadi di hari kelima belas Ramadan pada tahun 8 H, yang bertepatan juga dengan tanggal 15 Januari 630 M.

Berawal usainya penaklukan kota Makkah Rasulullah mengutus Khalid bin Walid ke ‘Uzza untuk menghancurkannya.

‘Uzza adalah rumah di tengah kebun kurma yang diagungkan oleh kaum Quraish, Kinan dan Mudhar.

3. Masuk Islamnya Bani Tsaqif Setelah Pembebasan Kota Makkah

Di antara peristiwa hari ke-15 ramadan tahun 9 setelah hijrah, Bani Tsaqif yang sebelumnya enggan masuk Islam dan memerangi kaum Muslimin dalam pertempuran Thaif memeluk Islam usai pembebasan kota Makkah.

4. Doa Qunut di dalam Salat

Di antara peristiwa tanggal 15 ramadan adalah bahwa Nabi SAW mulai membacakan doa qunut dan berlanjut hingga 15 hari.

Baginda Rasulullah SAW berdoa memohon kesalamatan golongan lemah dan tertindas dari kaum Muslimin yang ditahan kaum Quraisy sehingga tidak bisa hijrah.

5. Pengangkatan Muhammad bin Abu Bakar Ash-Shiddiq Sebagai Wali Mesir

Pada tanggal 15 Ramadan tahun 37 H, bertepatan dengan 23 Februari 658 H Muhammad bin Abu Bakar Ash-Shiddiq RA dilantik menjadi wali (kepala pemerintah tingkat wilayah) Mesir.

6. Abdurrahman Ad-Daakhil Menyeberang ke Andalus

Terjadi pada tanggal 15 ramadan tahun 138 H, bertepatan 20 Februari 756 M, Abdurrahman Ad-Daakhil, yang dikenal dengan julukan ‘Rajawali Quraisy’ menyeberang laut (Atlantika) menuju Andalus guna mendirikan negara Islam yang kuat, yaitu Dinasti Ummayah di Andalus

7. Meninggalnya Abu Bakar Al-Khawarizmi

Peristiwa yang terjadi di tanggal 15 Ramadan tahun 383 H meninggalnya seorang sastrawan sekaligus penyair Muhammad bin Al-Abbas atau yang dikenal dengan Abu Bakar Al-Khawarizmi.

Dia meninggal di Naisabur. Nama lengkapnya Muhammad bin Musa Al-Khawizmi, berasal dari Khawarizm (Uzbekistan sekarang).

8. Benteng Shafad Menyerahkan Diri

Pada tanggal 15 Ramadan 584 H bertepatan dengan 6 November 1188 M, benteng Shafad diserahkan kepada Panglima Muslim Shalahuddin Al-Ayyubi.

9. Perang ‘Ain Jalut

Di tanggal 15 Ramadan tepatnya pada tahun 658 H meletusnya perang ‘Ain Jalut, di mana pasukan Mongol bertemu dengan pasukan Mesir yang sigap dan menyapu bersih pasukan Mongol serta memberi pukulan yang telak kepada mereka.

10. Kemenangan Negara Utsmani atas Rusia

Terjadi di 15 Ramadan 1224 H bertepatan 24 Oktober 1809 M, Negara kesultanan Islam Utsmani meraih kemenangan atas Rusia pada perang bersejarah.

Sekitar 10 ribu tentara Rusia tewas dalam perang tersebut.

11. Aksi Penyembelihan yang Dilakukan Yahudi di Tanah Haram Ibrahimi

Di antara peristiwa tanggal 15 Ramadan adalah tragedi pembantaian besar yang dilakukan Yahudi pada tahun 1414 H di Tanah Al-Haram Al-Ibrahimi, kota Al-Khalil (Hebron), Palestina.

Penulis: Triaji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *